Macam-Macam Hardware atau Perangkat Keras Komputer

Selasa, 01 Desember 2015 | komentar

Mendengar kata hardware (perangkat keras) komputer mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. "Apa itu??". "Ya benar, komponen-komponen komputer"
Setelah sebelumnya kita membahas mengenai apa itu komputer, tidak ada salahnya jika kita juga membahas ada apa saja di komputer itu? salah satunya adalah hardware. 

Pengertian Hardware atau Perangkat Keras Komputer

Secara umum, hardware (perangkat keras) komputer dapat diartikan sebagai komponen-komponen komputer yang terlihat secara fisik. 
Menurut Wikipedia, Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Kehidupan komputer tidak terlepas dari hardware, oleh sebab itu hardware bisa dikatakan sangat sakral baginya :D . Loh ko' bisa? 
Jadi begini,... 
nanya : Komputer tidak akan bisa jalan tanpa adanya hardware, 
sobat : "ya iya lah, nenek-nenek gaul jg tau". 
nanya : hmmm... itu secara garis besar. 
sobat : "maksudnya ?????... "
nanya : tanya mbah google .... :D

misalnya salah satu perangkat keras (hardware) komputer mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh terhadap komputer tersebut, bahkan bisa saja tidak respon sama sekali saat kita tekan tombol power (mati). 

contoh kecilnya : 
apabila RAM (Random Access Memory) pada komputer mengalami kerusakan, maka komputer hanya menyala pada CPU namun tidak masuk (startup) pada Sistem Operasi, dan biasanya memberikan informasi berupa suara bip 2 kali. 

Nahh, biar ga gaptek-gaptek amat, yu' kita sedikit kenalan sama siapa aja hardware-hardware komputer itu. Saya beri sedikit ulasan mengenai hardware, insyaAllah kita bahas mendatang untuk lebih mendetilnya. Berikut macam-macam hardware komputer : 

Processor 

Processor adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output. Itulah sebabnya processor dibilang otaknya komputer.

Motherboard (Mainboard)

Motherboard adalah papan induk sirkuit tempat semua perangkat keras (hardware) komputer saling terhubung. Motherboard bisa dikatakan sebagai tulang punggung (backbone) dari sistem komputer, semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hardisk 

Hardisk atau HDD adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan magnetik secara permanen, seperti foto, video, musik, dokumen, bahkan sistem operasi komputer itu sendiri tersimpan di dalamnya. 



RAM (Random Access Memory)

RAM  adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara. Lalu apa bedanya dengan hardisk? Jelas beda, dari kata "permanen dan sementara" aja udah membedakan keduanya. 
Media penyimpanan pada RAM digunakan hanya pada saat komputer menyala. apabila komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan kembali. Nah kalo media penyimpanan pada hardisk bersifat permanen, artinya walaupun pada saat komputer dimatikan dan dihidupkan kembali hardisk masih menyimpan data tanpa mengurangi sedikitpun apabila tidak kita sendiri yang memerintahkan untuk menghapus datanya. 

VGA (Video Graphic Accelerator)

VGA adalah sebuah perangkat komputer yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. Pada umumnya VGA terdiri
dari 2 macam yaitu VGA onboard, dan VGA offboard (VGA Card). Namun pada fungsi utamanya tetaplah sama, yaitu untuk menampilkan gambar atau visual pada layar monitor. 



PSU (Power Supply)

Power supply adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pemberi atau penyuplai arus listrik perangkat lain pada CPU. 

Heatsink Fan (Kipas Pendingin)

Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (kombinasi keduanya) dan terdapat kipas di atasnya yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor.

CD / DVD ROM 

CD/DVD rom adalah alat yang digunakan untuk memutar atau membaca cakram CD atau DVD.

Network Card

Network card atau kartu jaringan adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan satu komputer ke jaringan komputer.

Tv Tuner Card

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.


Sound Card

Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.


Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output atau media keluaran berupa gambar visual dari sebuah CPU. 

Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat input berbentuk papan dengan berisikan tombol-tombol yang terdiri dari angka, huruf, alfanumerik, simbol, dan fungsi-fungsi lain untuk memberikan perintah pada komputer. 

Mouse 

Mouse adalah perangkat keras yang juga termasuk sebagai alat input dengan fungsi mengatur pergerakan kursor dan memberikan suatu perintah dengan menekan tombol maupun skroll naik/turun.


Scanner

Scanner adalah alat input yang berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang disimpan ke dalam memori komputer dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. 

Printer 

Printer adalah perangkat output komputer yang berfungsi mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik berupa hasil cetakan pada selembar kertas. 

Flashdisk

Flashdisk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.

Modem

Modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Atau bisa dibilang alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet.

Speaker

Speaker adalah perangkat keras keluaran (Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.





Lightpen

Lightpen adalah alat input device atau pointer elektronik yang digunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer melalui screen (monitor).

Barcode Scanner

Barcode reader adalah perangkan yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (barcode).



Digitizer 

Digitizer adalah sebuah perangkat input komputer yang memungkinkan pengguna mengoperasikan secara langsung dengan tangan dalam menggambar atau disain, namun memperoleh hasil secara digital. Mirip dengan cara orang menggambar dengan pensil pada kertas.


Touchpad

Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

Webcam

Webcam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil yang sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau dan data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer

Microphone

Microphone adalah perangkat keras yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik.

Headset 

Headset adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.

Projector

Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

UPS (Uninterruptible Power Supply)

UPS adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai/menghantarkan listrik ketika tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi, dengan kata lain UPS bisa dikatakan sebagai cadangan listrik ketika tegangan listrik utamanya padam.

Kabel Data

Kabel data adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone atau device lain.

Card Reader


Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone ataupun kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD (Memory Stick Duo) Card dan lainnya.

Router 

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

Hub/Switch 

Perangkat keras jaringan yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.


Itulah hardware-hardware komputer pada umumnya dan ga ada salahnya juga jika kita mengenalnya, semoga pembahasan ini memberikan manfaat bagi sobat yang membutuhkan. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. SerbaNanya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger