Definisi, Fungsi, Serta Jenis-Jenis Software Komputer

Sabtu, 05 Desember 2015 | komentar

Software, tidak asing jika ada yang mengucapkannya, namun taukah apa itu?

Software adalah istilah umum untuk berbagai macam program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan perangkat terkait. 
Jika sebelumnya kita membahas kesakralan hardware dan apa itu macam-macamnya, maka kali ini saya coba bahas mengenai software (perangkat lunak) komputer karena tidak kalah sakral kehadirannya. 
Kenaaapa??    mari kita bahas,...

Definisi Software

Software adalah sekumpulan instruksi yang mengarahkan komputer melakukan suatu operasi tertentu. Atau dapat dikatakan kumpulan instruksi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, perangkat keras, atau melakukan perintah-perintah terhadap komputer. Software dapat dianggap sebagai bagian objek dari komputer dan perangkat keras.

Coba bayangkan, komputer tanpa software!!..
Melakukan instruksi-instruksi secara langsung terhadap perangkat-perangkat komputer untuk melakukan operasi tertentu. Untuk satu operasi saja mungkin sudah harus melewati beberapa langkah proses, beberapa bahasa (seperti bahasa mesin, bahasa program). 
Nah bayangkan jika sobat ingin memerintahkan komputer untuk ngeprint suatu dokumen sama dengan yang biasa kita kerjakan pada ms.office word !!.. 

Kalo saya sih ga bisa bayangin sob.. :D
itulah sebabnya di atas saya bilang tidak kalah sakralnya dengan hardware. 

Tanpa software, komputer bukanlah apa-apa. sama halnya dengan "gimana internetan tanpa browser internet". Software dapat berupa program atau menjalankan suatu perintah atau instruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. 

Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh hardware.


Fungsi Software

  • Mengidentifikasi program
  • Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung
  • Mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama
  • Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol
  • Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware 
  • Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware
  • Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

Jenis-Jenis Software

Freeware

Freeware adalah perangkat lunak yang sengaja diciptakan untuk dibagikan secara gratis. Namun gratis disini bukan berarti bebas segalanya, pembuat software tersebut memiliki hak cipta dan pengguna software tidak diizinkan memodifikasi atau mengembangkan software tersebut. 

Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dibagikan atau dapat didownload secara gratis sebagai uji coba dengan fitur-fitur yang tidak maksimal seperti fungsi, ketersediaan, kenyamanan maupun waktu penggunaan yang terbatas. Pembuat atau pengembang sengaja membuatnya dengan tujuan memperkenalkan atau memberi kesempatan pengguna untuk mencoba perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan apakah akan membeli versi komersialnya atau sama sekali tidak menggunakan software tersebut. Shareware dirancang sebagai strategi marketing pengembangan aplikasi. Shareware biasa dikenal dengan trialware atau software trial. 

Free Software 

Free software adalah perangkat lunak yang diciptakan dan dibagikan dengan tujuan bebas dalam penggunaannya. Pengguna bebas untuk menggunakan, memodifikasi, menyalin maupun mendistribusikannya kembali namun tetap berdasarkan aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh pengembang dan penggunanya. 

Firmware

Firmware adalah perangkat lunak yang dibuat hanya untuk ROM (Read Only Memory) sebuah perangkat komputer atau device. Firmware tidak dapat berubah meskipun komputer atau device tersebut mati namun dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dari jenis ROM nya seperti EEPROM atau Flash ROM.

Comercial Software

Comercial Software adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan komersil yang dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang, ataupun kepada rekan pengembang software. Pengguna atau pembeli software tidak dapat membagikan atau menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa izin penerbitnya. 

Open Source Software

Pada dasarnya open source software dan free software memiliki kesamaan bahkan tidak sedikit yang mengatakan open source merupakan istilah yang digunakan dari free software. Yang membedakan keduanya adalah jika pada open source software lebih mengacu pada source kode (kode sumber) yang terbuka dan bebas untuk dikembangkan dan kemudian untuk digunakan maupun dibagikan kembali. Sedangkan free software lebih umum atau mengacu pada bebas dalam penggunaannya. Namun keduanya tetap berdiri di bawah aturan dan syarat yang harus dipatuhi oleh pengembang maupun penggunanya.

Malware

Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak komputer maupun jaringan komputer tanpa seizin dari pemiliknya. Malware disebut sebagai devile program atau software perusak atau yang biasa kita kenal sebagai virus komputer. Malware sengaja dibuat dengan tujuan untuk merusak, mencuri data, atau apapun yang bersifat menguntungkan bagi pembuatnya. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. SerbaNanya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger